Jadwal Upacara Kasada Di Gunung Bromo

Upacara Adat Kasada Bromo – Hari Raya Yadya Kasada adalah sebuah hari upacara sesembahan berupa memberi persembahan berupa sesajen kepada Sang Hyang Widhi.

Jadwal prosesi upacara adat kasada suku tengger yang umumnya dilaksanakan pada Bulan Kasada (Kesepuluh) hari-14 setiap bulan purnama akan berlangsung tahun ini pada tanggal 3-4 Juni 2023.

Jadwal Upacara Kasada Di Gunung BromoAcara kasada suku tengger di bromo dilaksanakan di lokasi pura luhur poten di kaki gunung Bromo Ngadisari Jawa Timur.

Tujuan Upacara kasada tidak lain adalah memberi sesembahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur. Kegiatan tradisi suku tengger di bromo saat Ritual Yadnya Kasada ke kawah Gunung Bromo, selamatan desa, upacara Melasti dan pemilihan dukun adat.

Upacara Adat Kasada Bromo

‘Upacara Yadnya Kasada Bromo’ ini sangat menarik dan dipuji setiap kali keadaan bulan penuh (purnama) adalah tanggal 24-25 bulan Kasodo atau bulan ke-20 seperti yang ditunjukkan oleh kalender masyarakat Tengger kuno. Dari sisi sosial, yang paling luar biasa di zona TN-BTS ini adalah sosial masyarakat Tengger.

Orang-orang Tengger biasanya masih melindungi gaya hidup mereka yang sosial berasal dari tradisi jawa kuno dan membuat banyak orang tertarik dengan budaya yang unik ini untuk menyaksikan keseluruhan prosesi upacara kasada di bromo setiap tahunnya.

Fungsi ritual adat Kasada bromo adalah hari peringatan untuk masyarakat umum Tengger dan pada saat itu masyarakat umum Tengger memujinya dengan memberikan kesempatan kepada setiap orang dari penduduk umum yang tinggal di Tengger dan memujinya dengan mengadakan hiburan, misalnya,: Tandak, Jaranan , dan seterusnya.

Dalam setiap kegiatan suku tengger, ‘Dukun’ memiliki bagian paling penting bagi masyarakat di sekitar bromo sebagai pemimpin umat dalam bidang keagamaan, yang bertugas memimpin upacara-upacara ritual adat, pernikahan dsb.

Agar mereka bisa diangkat oleh para tetua adat, para calon dukun harus hafal mantera-mantera. Jumlah manteranya tidak sedikit dan lafalnya sama sekali tidak mudah!

Apa Itu Upacara Kasada

Sebuah ceremony festival adat dan keagamaan yang dilakukan oleh umat hindu tengger untuk memberi sesembahan kepada sang hyang widi berupa hasil bumi, ternak dan kekayaan lainnya

Dimana Lokasi Ritual Adat Kasada

Tempat diadakannya upacara adat kasada adalah di pura luhur poten yang terletak kaki gunung bromo dan diakhiri dengan membuang aneka hasil bumi dan ternak ke dalam kawah gunung bromo. Kegiatan ritual ini biasanya dimulai malam hari hingga menjelang pagi.

Apa Tujuan Diadakan Ritual Kasada

Upacara yang digelar setiap tahun di bulan kasada/kesepuluh penanggalan jawa kuno dengan tujuan mendapatkan keberkahan dari sang hyang widhi sekaligus memperingati lelluhur mereka yatu Joko Seger dan Roro Anteng.

Selain itu dengan adanya festival ini sangat membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang berlibur ke wisata gunung bromo jawa timur.

Kapan Upacara Kasada Diadakan

Pada bulan Kasada pada hari ke-14 saat bulan purnama upacara ini diadakan setiap tahunnya. Kebiasaan ini dilakukan oleh masyarakat adat suku tengger baik yang beragama hindu maupun beragama katolik dan islam.

Tradisi ini selalu dilakukan oleh suku tengger sebagai ceremony festival secara turun temurun.

Prosesi Atau Tata Cara Upacara Kasada Bromo

Bukit widodaren yang terletak dekat dengan gunung Bromo dan mereka menggunakannya untuk ‘semedi’ dan mengambil air suci untuk upacara. Tugas dilakukan di tempat khusus yang disebut “Sanggar Pamujan”. Dukun yang terpilih lalu memimpin rombongan suku Tengger naik ke puncak Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 mdpl. Mereka membawa sesaji dalam jumlah banyak, berupa hasil pertanian, buah-buahan, juga hewan ternak. Sesaji inilah yang menjadi persembahan untuk arwah para nenek moyang. Sesaji itu lalu dilempar ke dalam kawah sebagai pengantar harapan akan hidup yang lebih makmur.

Tata cara upacara Adat Kasada Suku Tengger yang beragama hindu terdapat beberapa urutan yang harus dilaksanakan agar upacara Kasada berlangsung dengan khidmat yaitu Puja purkawa, Manggala upacara, Ngulat umat, Tri sandiya, Muspa, Pembagian bija, Diksa widhi, Penyerahan sesaji di kawah Bromo.

Jadwal Upacara Kasada Di Bromo 2023

Pelaksanaan Upacara Adat Tengger Yadnya Kasada 2023 kemungkinan akan jatuh pada tanggal 3-4 Juni 2023, catat tanggal diadakannya dan bagi Anda yang berminat untuk menyaksikan prosesi upacara adat kasada di bromo secara langsung bisa ambil paket wisata bromo kasada yang telah kami tawarkan.

Kalian bisa pilih paket wisata bromo disaat diselenggarakan event upacara adat kasada dengan durasi perjalanan selama 1 hari 1 malam tanpa menginap atau 2 hari 1 malam dengan jadwal kegiatan lengkapnya di link sbb “https://tripwisatabromo.com/event-bromo/paket-wisata-kasada-bromo/“.

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Acara Kasada Bromo :

  • Pakaian Pelindung Dari Suhu Dingin (Jaket Tebal,Masker,Shal,Kerpus/Penutup Kepala,Sepatu,Kaos Tangan)
  • Siapkan obat – obatan pribadi Contoh Obat Asma,Antangin Dsb.
  • Kamera Atau Alat Lain Yang Berfungsi Untuk Mengabadikan Moment Event Upacara Adat Kasada.