Harga Tiket Wisata Kawah Ijen 2024

Harga Tiket Wisata Kawah Ijen – Gunung ijen yang terkenal dengan danau kawah belerang dan fenomena blue fire yang langka termasuk bagian dari BBKSDA Jatim yang dikelola oleh TWA Kawah Ijen.

Taman Wisata Alam Kawah Ijen (TWA Kawah Ijen) selain sebagai petugas pengelola dan pemelihara ekosistem di gunung ijen juga melayani pemesanan tiket online kawah ijen.

Jika berencana pergi ke ijen sendiri tanpa menggunakan jasa biro travel yang melayani paket wisata ke ijen tetapi belum tahu cara booking online tiket masuk ijen, berikut panduan & tata cara registrasi online pembelian tiket wisata kawah ijen.

Harga Tiket Wisata Kawah Ijen

Tiket Masuk Wisata Ijen 2024

Ijen adalah salah satu dari beberapa objek wisata alam di Jawa Timur yang sangat direkomendasikan. Tempat wisata ini begitu banyak menarik perhatian wisatawan dari dalam negeri hingga luar negeri. Pesona keindahan alam yang berada di lokasi wisata kawah ijen bisa dikatakan sangat langka.

Oleh karena itu banyak dari para wisatawan yang datang berlibur akan merasakan kepuasan yang tak terhingga meskipun untuk bisa menikmati keindahan yang langka tersebut dibutuhkan pendakian ke puncak gunung ijen di malam hari dengan medan jalan menanjak ,suhu udara dingin dan bau belerang yang sangat pekat.

Sebelum pergi mendaki gunung ijen, setiap pengunjung wajib untuk booking tiket secara online terlebih dahulu dengan rincian harga tiket wisata kawah ijen sebagai berikut.

Harga Tiket Wisata Ijen Turis Lokal Dan Turis Asing

Hari Kerja/Biasa (Week Day)

Wisatawan Domestik Rp 5.000,-
Wisata Mancanegara Rp 7.500,-

Hari Libur (Week End)

Wisatawan Domestik Rp 100.000,-
Wisata Mancanegara Rp 150.00,-

Tiket Masuk Ijen Mobil Pribadi dan Sepeda Motor

Kendaraan Roda 4 (Mobil Pribadi) Rp 10.000,-
Kendaraan Roda 2 (Sepeda Motor) Rp 5.000,-

Biaya Tiket Dokumentasi Di Ijen

Selain pengeluaran biaya diatas, khusus pengunjung yang akan mendokumentasikan perjalanannya akan dikenai tarif biaya sebagai berikut.

Video Komersil Rp 10.000.000,-
Handycam Rp 1.000.000,-
Fotografi Rp 250.000,-

Pembelian Tiket Online Kawah Ijen

Aturan baru yang diberlakukan untuk seluruh kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai Besar KSDA Jawa Timur adalah untuk wisatawan yang akan berkunjung dwajibkan untuk booking tiket online melalui situs web yang sudah disediakan.

Bagi calon pengunjung yang belum tahu tata cara registrasi online tiket masuk ke ijen silahkan lihat rincian pendaftarannya di bawah ini.

Panduan Registrasi Tiket Online Ijen

  1. Buka Situs Tiket Online https://tiket.bbksdajatim.org
  2. Log In dengan Akun Gmail Anda

Login ke formulir registrasi hanya menggunakan akun gmail.com.

  1. Isi Formulir Registrasi

Isi formulir sesuai identitas Anda (alamat email, nama lengkap, NIK (KTP), nomor telepon dan alamat lengkap) kemudian klik simpan

  1. Klik menu ‘Pemesanan Tiket’

Selanjutnya browser akan mengarah menuju syarat dan ketentuan yang harus anda ikuti selama memasuki kawasan TWA Kawah Ijen.

Klik ‘Setuju’. jika sudah baca dan faham tentang syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

  1. Formulir Pemesanan Tiket

Pilih kawasan konservasi dan tanggal kunjungan, kemudian klik ‘Cek kuota tiket & harga’.

  1. Akan Terlihat Kuota Harian dan Harga Tiket

Langkah berikutnya adalah isikan berapa jumlah peserta dan jenis kendaraan yang digunakan menuju lokasi. Secara otomatis Anda bisa melihat berapa besar total biaya yang harus dibayarkan nanti saat dilokasi

  1. E-Tiket Online Terkirim

Setelah proses registrasi selesai akan akan menerima e-tiket melalui E-mail dan bisa di cek konfirmasi booking Anda di riwayat pemesanan di situs web https://tiket.bbksdajatim.org.

  1. Proses Pembayaran

Pembayaran hanya dilakukan On The Spot langsung diserahkan ke petugas loket di Pos Paltuding maupun pembayaran via Bank virtual.

Syarat Masuk Kawasan TWA Kawah Ijen

  1. Wisatawan dałam keadaan sehat (fisik dan mental), tidak memiliki riwayat penyakit asma, jantung dan wajib menunjukkan surat keterangan sehat dari dokter.
  2. Tiket tidak termasuk asuransi, semua pengunjung disarankan untuk memiliki asuransi kecelakaan pribadi.
  3. Jika terjadi kecelakaan dalam pendakian/kunjungan dan menyebabkan cedera/meninggal, menjadi tanggung jawab pribadi dan tidak menuntut kepada pengelola TWA Kawah Ijen.
  4. Menyiapkan peralatan kesehatan sendiri (sepatu anti selip, jaket dingin, masker gas , hand sanitizer dll).
  5. Dilarang membuat api yang menyebabkan kebakaran.
  6. Dilarang membawa, menyalakan kembang api, petasan dan sejenisnya.
  7. Tiket yang sudah dibayar tidak bisa berubah hari pendakian, pembatalan/pengembalian uang.
  8. Dengan membaca dan check list (✔️) berarti Anda setuju dengan syarat dan ketentuan diatas.

F.A.Q

Bagaimana menuju Ijen ?

Ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk menuju lokasi ijen yaitu berkendara lewat Banyuwangi dan lewat Bondowoso. Selengkapnya bisa baca disini (Jalur menuju Ijen)

Apakah ada penginapan / guest house dekat Ijen ?

Banyak tersedia pilihan akomodasi.. Info selengkapnya mengenai nama dan harga penginapan di sini (Hotel & Penginapan Dekat Ijen)

Jam Berapa Ijen Dibuka ?

Jam kunjungan ke ijen dibuka mulai jam 03.00 wib – 12.00 wib

Apakah tiket Ijen harus beli online ?

Iya wajib registrasi tiket masuk wisata secara online.

Bagaimana cara bayar tiket online ijen ?

Pembayaran tiket online bisa di lokasi pos paltuding dan langsung ke petugas yang berjaga (on the spot) atau via transfer account virtual.