Kawah Ijen Blue Fire Banyuwangi, Deskripsi, Jalur, Lokasi & Info Terbaru

Kawah Ijen Blue Fire Banyuwangi – Gunung Ijen merupakan gunung berapi yang masih aktif yang terletak di perbatasan wilayah 2 Kabupaten di Jawa Timur yaitu diantaranya Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Gunung ijen dengan ketinggian 2.386 mdpl yang terkenal dengan fenomena alam blue fire yang berada di dalam danau kawahnya sedalam 200 meter dan luas sekitar 5.466 Hektar.

Untuk bisa menikmati keindahan alam blue fire kawah ijen setiap pengunjung harus melakukan pendakian malam dimulai jam 12.00 – 02.00 WIB karena durasi waktu perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 2 – 2,5 jam berjalan kaki start dari pos pintu masuk paltuding menuju puncak ijen untuk ukuran normal turis dalam negeri.

Gunung Ijen

Ijen blue fire adalah salah satu andalan objek wisata Banyuwangi. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke tempat wisata di Banyuwangi tetapi tidak menyempatkan untuk singgah dan menikmati keindahan alam blue fire kawah ijen Banyuwangi.

Deskripsi Kawah Ijen

Objek Wisata Kawah Gunung Ijen

Kawah ijen adalah danau asam yang berada di puncak gunung ijen yang termasuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Danau kawah di gunung Ijen merupakan danau kawah belerang terbesar di dunia yang memiliki keunikan yang langka yang biasa disebut dengan ijen blue fire yang hanya bisa anda temukan di 2 tempat di dunia diantaranya di kawah Ijen Banyuwangi dan Ethiopia.

Sejarah Gunung Ijen

Berdasarkan catatan sejarah, ijen pertama kali dipopulerkan oleh Maurice dan Katia Krafft yaitu pasangan suami istri ahli vulkanologi dan geologi berwarga kenegaraan Perancis yang menerbitkan sebuah buku yang berjudul “À l’assaut des volcans, Islande, Indonésie”, pada tahun 1975 dan sejak itulah kawah ijen mulai di kenal oleh dunia.

Lokasi Dan Letak Kawah Ijen

Lokasi gunung ijen berada di 2 wilayah perbatasan kabupaten bondowoso dan kabupaten banyuwangi Jawa Timur. Gunung ijen yang memiliki ketinggian 2.386 mdpl berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen.

Letak kawah ijen yang berada di 2 wilayah di Jawa Timur sangat memungkinkan untuk dijangkau oleh pengujung melalui rute maupun jalur akses dari kedua wilayah tersebut yaitu lewat Bondowoso maupun Banyuwangi.

Keberadaan gunung ijen tak jauh dari kota Banyuwangi yang berjarak hanya 1 jam berkendara. Satu – satunya cara termudah menuju lokasi ijen adalah lewat Banyuwangi untuk memulai aktivitas pendakian malam menuju puncak gunung ijen dan menikmati keindahan alam yang fenomenal yang biasa disebut dengan blue fire ijen.

Jalur / Rute Perjalanan ke Ijen

Perjalanan menuju gunung ijen bisa ditempuh melalui 2 jalur dan rute yaitu lewat Banyuwangi – Licin – Paltuding (Jalur Timur) atau lewat Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding (Jalur Barat). Jika berangkat dari kota Malang atau Surabaya maka rute yang dipakai adalah melewati jalur barat sedangkan jika berangkat dari Banyuwangi kota atau Bali bisa menggunakan jalur timur. Setibanya di paltuding pos kemudian memulai pendakian menuju puncak gunung ijen selama 1,5 – 2 jam trekking sejauh 3 km.

jalur yang dilewati untuk naik ke kawah ijen dari pos paltuding untuk 2 km awal cukup menanjak meskipun jalan sudah lebar dan terawat dengan kemiringan rata – rata 25-35 derajat dan diakhiri dengan tanda batas tempat peristirahatan yang dinamai Warung Pos Bundar dan selanjutnya 1 km akhir relatif landai meski begitu akan terasa agak berat karena bau belerang sudah tercium begitu pekat dan pendaki diharuskan memakai masker gas agar tidak mengalami keracunan.

Di posisi jalur ini pengunjung akan dimanjakan pemandangan alam deretan gunung disekitarnya. Lalu sesampainya di puncak gunung ijen jika akan berlanjut turun menuju dasar kawah harus melintasi medan berbatu yang terjal sejauh 800 meter  dengan kemiringan 45 derajat. Dari tempat inilah fenomena alam blue fire bisa terlihat dekat dengan jelas dan deka, dan tempat ini pula merupakan lokasi aktivitas warga lokal menambang belerang dari gunung ijen.

Baca Juga : Paket Wisata Banyuwangi

Info Kawah Ijen Terbaru

Berkunjung ke kawah gunung ijen banyuwangi banyak hal yang perlu diperhatikan dan diketahui terlebih dahulu misalkan apakah saat ini ijen sedang dibuka atau ditutup untuk kunjungan wisatawan domestik dan manca negara karena ijen merupakan objek wisata alam gunung berapi yang kadang secara mendadak statusnya naik dan berbahaya untuk dikunjungi wisatawan.

Namun perlu dicatat ketika ijen dibuka untuk pengunjung, ada salah satu hari dalam seminggu diawal bulan bahwasanya pendakian ke ijen selalu ditutup untuk kepentingan normalisasi jalur dan rekondisi alam yaitu di setiap hari jumat.

Beli Tiket Ijen Online

Jika akan pergi ke ijen apakah Anda sudah tahu berapa harga tiket ijen sekarang ? di bawah ini adalah rincian harga tiket wisata ijen week day dan week end yang berlaku untuk turis lokal dan domestik.

Wisatawan Domestik

  • Hari Biasa Rp5.000
  • Hari Libur Rp7.500

Wisatawan Mancanegara

  • Hari Biasa Rp100.000
  • Hari Libur Rp150.000

Tiket Parkir Kendaraan

  • Motor Rp 5.000
  • Mobil Rp 10.000

Dan untuk langkah – langkah pembelian tiket wisata ijen secara online adalah sebagai berikut

  1. Buka situs resmi BBKSDA Jawa Timur tiket.bbksdajatim.org
  2. Selanjutnya akan diarahkan untuk log in menggunakan Gmail
  3. Lengkapi data diri (Nama, ALamat, No Telepon)
  4. Baca Syarat Dan Ketentuan Wisata Ke Ijen Dan Klik Setuju
  5. Pilih Kawasan Konservasi, Tanggal Kunjungan,Jumlah Peserta dan Jenis Kendaraan
  6. Selanjutnya isi form pemesanan sesuai identitas masing masing peserta beserta no plat kendaraan yang akan dipakai
  7. Klik Pilih Pembayaran Secara Virtual atau On The Spot
  8. Selesai dan anda akan mendapat barkode registrasi online tiket masuk ijen

Jika masih kesulitan untuk registrasinya bisa ambil paket tour ijen karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk tiket online tour ijen blue fire.

Baca Juga :

Tips ke Kawah Ijen

Pergi ke lokasi wisata gunung api perlu persiapan yang matang dan inilah tips liburan dari tripwisatabromo.com yang perlu kalian perhatikan agar hasil akhir dari perjalanan anda lebih memuaskan.

  1. Siapkan pelengkapan seperti jaket, sepatu standard trekking, masker, head lamp atau senter
  2. Pilih waktu yang tepat misalkan ketika musim kemarau sekitar mei – oktober agar mendapat view yang sempurna
  3. Persiapkan fisik karena Anda akan melakukan pendakian maka diutuhkan kondisi tubuh yang prima
  4. Bawa obat – obatan pribadi terlebih lagi jika mempunyai riwayat kesehatan kurang bagus. Obat obatan umum yang dibutuhkan misalkan obat asma  dan tolak angin
  5. Kendaraan yang sehat sebab rute yang akan dilewati adalah menyusuri medan berbukit dipegunungan. Usakahan cek terlebih dahulu kelayakan rem, ban dan sebagainya

Itulah persiapan yang perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan wisata menuju objek wisata kawah gunung ijen banyuwangi.