Perjalanan Ke Bromo Dari Jakarta Dengan Mobil, Kereta, Pesawat

Perjalanan Ke Bromo dari Jakarta berjarak ± 880 km yang bisa ditempuh dengan naik mobil pribadi lewat jalan tol trans Jawa Jakarta – Surabaya – Pasuruan – Probolinggo sekitar ± 11-12 jam begitu juga dengan rute Jakarta – Malang – Bromo tidak banyak selisih waktu yang dibutuhkan.

Alternatif lain dengan naik kereta api atau pesawat terbang dengan pemberhentian di stasiun kota Malang atau Surabaya. Jika dari Jakarta ke Malang turun di stasiun kota lama/kota baru sedangkan kereta Jakarta – Surabaya bisa turun di stasiun pasar turi atau stasiun gubeng. Sedangkan untuk yang memilih naik pesawat dari Jakarta ke Bromo bisa turun di bandara abdul rahman soleh Malang atau bandara internasional juanda Surabaya, selanjutnya sewa mobil ke bromo atau booking paket wisata ke bromo untuk lebih mempermudah perjalanan Anda.

Ke Bromo Dari Jakarta

Update : Dari jakarta saat ini juga tersedia layanan Bus AKAP mewah super exclusive seperti Bus Pandawa 87, 27 Trans dll. Untuk tujuan anda ke bromo bisa turun di terminal purabaya Surabaya. termunal arjosari Malang atau terminal bayuangga Probolinggo.

Perjalanan ke Bromo dari Jakarta

Pandemic sangat berpengaruh terhadap sosial ekonomi masyarakat dunia. Traveling adalah salah satu aktivitas yang dilarang karena adanya wabah ini sehingga ketika wabah ini mengalami angka penurunan bukan tidak mungkin akan memacu gairah untuk segera keluar dari ruang terbatas ini dengan jalan – jalan ke suatu tempat yang mungkin selama ini sangat diinginkan, misalkan pergi berlibur ke bromo dari jakarta bandung bogor yogya dan sekitarnya.

Lokasi bromo berada di Jawa Timur. Perjalanan berkendara dengan mobil pribadi maupun transportasi umum dari Jakarta Bandung, Bogor dan Yogya ke bromo banyak sekali aturan yang diterapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Vaksin, tes antigen maupun swab pcr menjadi salah satu syarat bagi mereka yang melakukan perjalanan.

Untuk pengunjung gunung bromo syarat wajib selain beli tiket bromo online adalah harus sudah divaksin minimal dosis pertama dan menggunakan aplikasi peduli lindung saat memasuki pos pintu masuk gunung bromo.

Rute Jakarta Bromo

Gunung bromo tetap menjadi primadona objek wisata di Jawa Timur. Pada masa pandemic saat ini, bromo sering diatur buka tutup dari kunjungan wisatawan berdasarkan tingkat level PPKM di 4 wilayah kabupaten penopang jalur akses menuju bromo.

4 kabupaten yang berada di sekitar bromo yang berpengaruh terhadap aktivitas kunjungan wisatawan adalah kab. Malang, kab. Pasuruan, kab. Probolinggo dan kab. Lumajang.

Selama wilayah penopang jalur ke bromo masih pada level PPKM 1 atau 2 dipastikan kunjungan wisata ke bromo tetap dibuka, akan tetapi jika terjadi peningkatan PPKM ke level 3-4 maka mau tidak mau pengelola objek wisata gunung bromo akan menutup seluruh area taman nasional gunung bromo semeru tengger dari aktivitas kunjungan wisatawan.

Tour ke Bromo dari Jakarta lewat kota Malang atau Surabaya hanya selisih 30-60 menit saja meskipun jika dari kota Malang bisa langsung ke bromo lewat jalur pintu masuk coban trisula sedangkan jika dari kota Surabaya masih harus menuju kabupaten pasuruan atau kabupaten probolinggo untuk bisa sampai di gunung bromo.

Baca lanjutan perjalanan ke bromo dari Jakarta di link berikut :

Catatan : perjalanan ke bromo dengan paket wisata mungkin lebih direkomendasikan kepada wisatawan yang datang dari jakarta dengan naik transportasi umum kereta api, bus akap dan pesawat sedangkan yang membawa kendaraan pribadi dari Jakarta lebih baik langsung menuju bromo lewat pintu masuk coban trisula tumpang malang atau pintu masuk tosari wonokitri pasuruan atau pintu masuk ngadisari cemara lawang probolinggo. Sesampainya pos pintu masuk bromo, langsung suttle dengan jeep atau singgah terlebih dahulu untuk istirahat di hotel setelah melewati perjalanan yang cukup jauh.

Paket Wisata Bromo Dari Jakarta

Jarak tempuh dari jakarta ke bromo menggunakan mobil pribadi lewat jalan tol trans Jawa dari jakarta turun gerbang tol probolinggo barat atau Jakarta ke Malang turun gerbang tol singosari sekitar 11-12 jam berkendara.

Perjalanan yang terasa sangat melelahkan jika tidak terbiasa melakukan perjalanan berkendara sejauh itu. Lalu bagaimana cara ke bromo dari jakarta yang paling mudah dan direkomendasikan ?

Jasa tour ke bromo adalah pilihan terbaik. Dari kota Jakarta pergi ke Jawa Timur menuju daerah terdekat dengan gunung bromo.

Daerah terdekat dengan bromo yang memiliki moda transportasi lengkap seperti terminal bus, stasiun kereta dan bandara dengan keberangkatan dari Jakarta adalah kota Malang dan Surabaya.

Sesampainya di kota terdekat itu kemudian mencari jasa tour travel di malang atau surabaya yang bisa dipesan secara online maupun offline dengan tujuan ke gunung bromo.

Dari Malang maupun Surabaya menuju bromo hanya butuh waktu 2,5 – 3 jam berkendara dengan jarak tempuh 100 km.

Kelebihan jika menggunakan jasa tour ke bromo adalah Anda tidak perlu repot mengatur akomodasi selama di bromo karena sudah lengkap dengan fasilitasnya seperti sewa jeep bromo maupun penginapan di bromo.

Itulah sedikit cara ke bromo dari jakarta dan sekitarnya selama pandemic.. info lebih lanjut tentang harga paket bromo dari Jakarta silahkan hubungi kami.

Itinerary Tour Bromo Dari Jakarta

Perjalanan berkendara dari Jakarta menuju kota Malang atau Surabaya dan diteruskan ke gunung bromo dengan lama perjalanan adalah sebagai berikut :

  • Jakarta ke Bromo naik mobil pribadi sekitar 11-12 jam (via tol trans Jawa)
  • Jakarta ke Surabaya / Malang dengan naik pesawat 1 jam 30 menit, dari surabaya atau malang ke bromo 2,5 – 3 jam naik mobil pribadi
  • Jakarta ke Surabaya / Malang dengan naik kereta 11 – 15 jam, dari surabaya atau malang ke bromo 2,5 – 3 jam naik mobil pribadi

Kemudian sesampainya di kawasan dekat bromo bisa stay 1 malam di Hotel atau langsung berkunjung ke bromo.

Jadwal kegiatan di Bromo pada umumnya :

Start dari Malang / Surabaya jam 00.00 WIB, sedangkan jika start di hotel dekat bromo jam 03.00 WIB.

03.00 – 04.00 : Naik jeep dari pos pintu masuk bromo menuju lokasi view point sunrise

04.00 – 06.00 : Tiba di spot view point sunrise bromo dan menunggu hingga munculnya sunrise jam 05.15 WIB.

06.00 – 08.00 : Selesai melihat sunrise dan view lanscape deretan gunung batok, gunung bromo dengan dilatar belakangi gunung semeru, tibalah waktunya menuju spot selanjutnya yaitu menuju lautan pasir bromo. Dari parkir area jeep kemudian jalan kaki atau sewa kuda bromo menuju tangga gunung bromo melewati pura luhur poten sejauh kurang lebih 3 km bolak – balik. Tiba di kaki gunung, naik 250 anak tangga untuk bisa sampai di puncak kawah bromo. Setelah puas kembali ke parkir area jeep.

08.00 – 10.00 : Perjalana berikutnya menuju spot selanjutnya yaitu Pasir Berbisik Bromo, Padang Savanna dan Bukit Teletubbies.

10.00 : Selesai tour diseluruh spot di gunung bromo dan persiapan kembali pulang.