Wisata Gunung Bromo, Sejarah, Lokasi, Rute & Spot Wisata Bromo

Wisata Gunung Bromo – Kali ini kami akan memberikan informasi tempat wisata gunung bromo yang wajib diketahui oleh wisatawan yang akan berkunjung yaitu mengenai sejarah, asal usul dan kisah legenda gunung bromo, lokasi bromo terletak di mana, jalur akses yang bisa dilalui dengan mudah, spot wisata apa saja yang menarik di Bromo, tiket bromo online, penginapan terdekat dan anggaran biaya perjalanan yang dibutuhkan untuk tour ke bromo.

Wisata Gunung Bromo

Destinasi wisata alam yang tak pernah sepi dari pengunjung adalah gunung bromo. Meskipun statusnya yang masih aktif namun pesona gunung bromo selalu menjadi pusat perhatian banyak wisatawan.

Bromo terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di 4 perbatasan wilayah kabupaten dengan luas kurang lebih 50.276,3 ha dengan bentangan dari barat ke timur sekitar 20-30 kilometer dan dari utara ke selatan sekitar 40 km.

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan dipercaya sebagai gunung suci oleh umat hindu tengger. Nama Bromo sendiri diambil dari kata “Brahma” bahasa sanskerta yaitu dewa pertama agama hindu.

kawasan wisata gunung bromo

Sumber foto : offgoesannie.com

Yang menarik dari gunung ini adalah bentuknya yang bertautan antara lembah dan ngarai dengan lautan pasir yang memiliki luas 10 km persegi. Keindahan alam yang ada di sekitar tempat wisata gunung Bromo tidak diragukan lagi, pengunjung akan dibuat kagum dengan pesonanya. Apa saya yang menarik di sekitar gunung Bromo ? Berikut ini adalah informasi tempat wisata gunung bromo yang perlu Anda ketahui.

1. Sejarah Dan Legenda Bromo

Menurut sejarah, gunung bromo sangat berkaitan erat dengan penganut agama hindu. Konon berdasarkan cerita telah terjadi peperangan pada masa kerajaan Majapahit dan akhirnya penduduk pribumi melarikan diri untuk mencari tempat tinggal baru yang sebagian menuju pulau Bali dan sebagian menuju gunung bromo.

Nama Bromo sendiri diambil dari bahasa sanskerta “Brahma” yang berarti dewa utama dari agama hindu. Oleh sebab itu gunung bromo/brahma dipercaya sebagai gunung suci oleh suku tengger.

Asal mula sebutan suku tengger pun berawal dari cerita legenda Joko Seger dan Roro Anteng. Dan untuk mengabadikan sejarah dan legenda itu maka setiap tahunnya diadakan upacara kasada yang berlangsung pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 pada bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

2. Lokasi Gunung Bromo

Jika dilihat dari peta maps google bahwa lokasi keberadaan gunung bromo berada di tengah – tengah 4 wilayah perbatasan kabupaten di Jawa Timur yakni antara wilayah kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Gunung berapi bromo berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Meskipun letak gunung bromo masih satu area Taman Nasional dengan gunung semeru akan tetapi jarak keduanya terpaut cukup jauh. Lokasi gunung bromo berada di sebelah utara gunung semeru yang berjarak ± 18 km jika diukur lurus dari pusat kawah masing – masing gunung berapi tersebut.

3. Jalur Akses / Rute ke Bromo

Yang ingin mengunjungi bromo, jalur atau rute ke tempat wisata ini bisa dilalui menuju 4 pintu masuk yaitu pintu masuk dari Malang Tumpang, Tosari Wonokitri Pasuruan , Senduro Lumajang dan Sukapura Cemara Lawang Ngadisari Probolinggo.

Akses jalannya pun juga beraspal meskipun melewati perbukitan dengan jurang yang terjal dan berbelok belok. Namun secara keseluruhan masih bisa dilewati kendaraan bermotor roda 2 dan untuk kendaraan mobil pribadi roda 4 hanya bisa sampai batas akhir yaitu pos pintu masuk taman nasional. Selanjutnya Anda di wajibkan untuk sewa jeep bromo untuk explore spot wisata di sekitarnya.

Sedangkan untuk bus mini dan besar bisa melewati jalur probolinggo dengan pemberhentian terakhir di pasar/ terminal sukapura.

4. Registrasi Tiket Bromo Online

Setiap pengunjung yang akan memasuki area gunung Bromo yang berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di wajibkan untuk registrasi terlebih dahulu tiket masuk secara online melalui situs resmi TNBTS. Tiket masuk ini berlaku untuk seluruh area yang ada di sekitar gunung Bromo yang artinya wisatawan cukup sekali bayar tiket untuk menjelajahi spot wisata menarik yang ada di tempat itu.

Untuk tata cara booking online tiket masuk bromo bisa anda lihat secara lengkap di link berikut ini bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

5. 19 Spot Wisata Menarik Di Sektiar Gunung Bromo

Jika belum pernah ke gunung bromo maka belum tahu spot apa saja yang menarik sehingga wajib untuk dikunjungi serta kapan waktu terbaik untuk mengunjungi bromo. Di sekitar kawasan gunung bromo banyak terdapat spot wisata yang sangat indah untuk disinggahi namun jika mengunjungi keseluruhannya tidak cukup hanya dengan waktu 1 hari saja.

Bromo bukan hanya tempat terbaik untuk menyambut pagi “sunrise” tetapi disini masih banyak spot yang sangat disayangkan untuk dilewatkan. Berikut beberapa objek wisata di sekitar bromo yang perlu Anda tahu.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air terjun yang tak jauh dari lokasi keberadaan gunung bromo. Jika Anda ke bromo dari kota Surabaya melewati kota Probolinggo pasti melewati jalur menuju tempat wisata air terjun ini. Lokasi air terjun madakaripura berada di desa lumbang kecamatan sukapura kabupaten probolinggo.

Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo

Salah satu destinasi wajib yang dikunjungi selama liburan ke bromo yaitu kawah bromo. Untuk mencapai tempat ini kalian harus berjalan kaki dan dilanjutkan naik anak tangga sebanyak 250 buah. Alternatif lain jika tidak ingin jalan kaki menuju anak tangga bromo bisa sewa kuda atau naik ojek di lautan pasir.

Puncak Penanjakan 1 Bromo

Puncak Penanjakan 1 Bromo

Tempat ini adalah yang menjadi buruan wisatawan dari berbagai negara. Pesona keindahan pagi hari menjemput mentari agenda pertama dari mayoritas wisatawan yang pergi ke bromo. Namun untuk menyaksikan matahari terbit di bromo dipuncak penanjakan 1 sedikit berat karena setelah harus jalan kaki dan naik tangga.

Namun bagi pengunjung yang tidak ingin lelah jalan kaki, ada banyak lokasi lain untuk view sunrise seperti bukit cinta, bukit kingkong, seruni point (penanjakan 2) dan bukit mentigen. Anda harus pilih salah satu diantara itu karena Anda tidak akan bisa berkunjung di waktu yang sama ke lokasi view sunrise ini.

Bukit Kingkong

Bukit Kingkong Bromo

Tempat view sunrise bromo ini tepat di bawah puncak penanjakan 1. Anda harus berangkat lebih awal untuk menuju lokasi ini agar dapat parkir lebih atas sehingga tidak perlu jalan terlalu jauh. Parkir area berada di jalur sepanjang jalan, semakin telat berangkat semakin kebawah lokasi parkirnya.

Bukit Cinta

Bukit Cinta Bromo

Yang paling direkomendasikan untuk pengunjung yang tidak ingin jalan kaki terlalu jauh adalah bukit cinta. Tempatnya tepat di tepi jalan sehingga wisatawan hanya tinggal menunggu waktu munculnya matahari terbit bromo jam 5.15 WIB. Tempat ini sangat erat dengan cerita percintaan antara joko seger dan roro anteng sebagai cikal bakal sejarah legenda suku tengger di gunung bromo.

Seruni Point

Penanjakan View Sunrise Bromo

Alternatif untuk melihat matahari terbit di bromo adalah di seruni point atau biasa disebut dengan puncak penanjakan 2. Akses paling mudah adalah lewat Probolinggo meskipun tempat ini bukan bagian taman nasional bromo tengger semeru namun keberadaannya sangat dekat dengan bromo yaitu berada disebelah barat.

Bukit Mentigen

Bukit Mentigen

Keberadaan bukit mentigen ini kurang familiar bagi wisatawan karena tidak begitu favorit sebagai tempat melihat matahari terbit karena viewnya kurang menarik dibandingkan dari tempat lainnya. Lokasinya sebelah timur pos TNBTS yang ada di cemara lawang bromo tepatnya berada di belakang hotel lava view lodge.

Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten

Pura Poten adalah tempat peribadatan umat hindu tengger yang berlokasi di kaki gunung bromo. Pura ini bisa Anda kunjungi sebelum atau sesudah dari kawah bromo karena letaknya searah menuju anak tangga gunung bromo. Pura ini juga yang digunakan sebagai acara upacara adat suku tengger yang terkenal yaitu kasada bromo.

Gunung Batok

Gunung Batok

Gunung/bukit gersang yang berada tepat di sebelah kawah bromo. Dinamakan gunung batok dikarenakan tekstur dan bentuknya menyerupai tempurung kelapa atau batok.

Pasir Berbisik

Pasir Berbisik

Dinamakan pasir berbisik dikarenakan pasir yang berada di lokasi ini akan terdengan isik isik (dalam bahasa jawa) ketika tertiup angin dan oleh sebab itu masyarakat sekitar menamakan tempat ini menjadi pasir berbisik. Tempat ini berada di sebelah timur laut gunung bromo.

Puncak B29 dan B30 Bromo

PUNCAK B29 dan B30 Mount Bromo

Puncak ini adalah yang paling tinggi diarea sekitar bromo tetapi akses menuju lokasi puncak b29 dan 30 berbeda dengan rute ke bromo pada umumnya sehingga wisatawan yang akan ke tempat ini lebih memilih untuk memisahkannya dengan tour tujuan ke bromo. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan camping di bromo untuk meihat sunrise maupun sunset.

Bukit Savana Teletubbies Bromo

Bukit Savana Teletubbies Bromo

Lokasi ini berada di tenggara gunung bromo. Ke bromo via jalur tumpang malang adalah rute terdekat menuju bukit teletubbies dan savana bromo. Pemandangan sempurna di tempat ini adalah ketika musim penghujan/ musim semi karena sepanjang mata memandang akan terlihat hamparan rerumputan yang indah.

Lautan Pasir Bromo

Lautan Pasir Bromo

Hamparan pasir seluas 10 hektar adalah keunikan dan ciri khas yang dimiliki gunung berapi bromo. Seluruh wisatawan akan menuju tempat ini setelah melihat sunrise dan sebelum menuju pura luhur poten dan kawah bromo.

Ranu Pane

Gunung Batok

Nama desa wisata yang terdapat sebuah danau yang terletak di kaki gunung semeru. Tempat yang biasa digunakan sebagai lokasi transit semua pendaki yang akan naik dan turun ke ranu kumbolo dan semeru. Disini juga banyak tersedia homestay untuk tempat istirahat. Kabarnya dilokasi ini terdapat budidaya anggrek endemic gunung semeru.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Danau di kaki gunung semeru ini adalah satu – satunya danau terbesar yang keberadaannya di gunung berapi dan untuk mencapai lokasi ranu kumbolo dibutuhkan pendakian selama 3-4 jam. Untuk itu jika berminat ke tempat ini anda bisa trip ranu kumbolo dengan camping selama 2 hari 1 malam.

Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung tertinggi di pulau jawa yang selalu menjadi pusat perhatian para pendaki dalam negeri hingga luar negeri. Untuk mencapai puncak gunung berapi semeru tidak dibutuhkan keterampilan khusus pendakian dan pemula pun juga mampu untuk mencapai puncaknya yaitu dengan pendakian semeru minimal 3 hari 2 malam.

Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi

Air terjun yang terletak di Dusun Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur. Dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. Searah menuju gunung bromo, ranu pane, ranu kumbolo dan semeru dari kota Malang lewat pintu masuk coban trisula. Butuh tenaga extra untuk berkunjung ke tempat ini karena anda harus jalan kaki sejauh 1,5 km dan turun lewat tangga dari bambu yang curam.

Jembatan Kaca Bromo

Jembatan Kaca Bromo

Spot wisata terbaru di gunung bromo yang diperkirakan pembangunannya akan selesai akhir tahun 2022. Sebagai cikal bakal tempat wisata baru yang ada di bromo tentu saja membuat penasaran banyak wisatawan yang berkunjung ke Bromo seperti apa jembatan kaca ini uat. Lokasinya searah dengan seruni point yaitu berada di desa cemara lawang ngadisari kabupaten Probolinggo.

Bromo Hillside

Bromo Hill Side Cafe 360 Jemplang Malang

Bangunan cafe 360° yang terletak di kawasan gunung bromo tepatnya berada di desa jemplang. Cafe bromo hillside merupakan objek wisata terbaru yang bisa anda kunjungi sekaligus ketika pergi ke bromo. Cafe ini dibuka secara resmi pada 15 januari 2023. Jalur termudah menuju lokasi bromo hillside adalah lewat pintu masuk bromo coban trisula malang.

6. Penginapan di Bromo

Tempat wisata Bromo menawarkan pesona keindahan alam yang memukau diantaranya adalah sunrise, kawah bromo dan spot menarik lainnya yang sudah kami sebutkan satu-persatu diatas.

Untuk menikmati keindahan alam di gunung bromo itu, sangat dibutuhkan adanya sarana fasilitas yang memadai seperti hotel / penginapan / homestay khususnya bagi wisatawan yang datang dari luar kota hingga luar negeri.

Akses pintu masuk menuju Bromo yang bisa dilewati dari beberapa tempat sehingga banyak terdapat pilihan hotel / homestay yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget.

Anda bisa mencari tahu alamat dan lokasi hotel apa saya yang bagus dan rekomended yang ada di dekat sana di artikel kami di link berikut ini (https://tripwisatabromo.com/artikel/hotel-dekat-bromo/)

7. Biaya Perjalanan Ke Bromo

Foto Wisata Gunung Bromo

Mengatur anggaran sebelum melakukan perjalanan wisata sangat perlu dirinci terlebih dahulu agar segala kebutuhan bisa dipersiapkan demi kelancaran wisatanya. Di bawah ini adalah anggaran yang harus dikeluarkan ketika wisata ke bromo.

  • Biaya transportasi ke bromo. meliputi tiket pesawat atau kereta menuju malang atau surabaya lalu kendaraan (rental mobil) dari bandara atau stasiun menuju gunung bromo.
  • Harga sewa jeep bromo. Setelah tiba di bromo masih ada  jasa sewa jeep sebagai alat transportasi wajib di gunung bromo.Harga yang ditawarkan sangat bervariatif mulai 350.000 –  1.000.000 tergantung dengan rute yang anda ambil.
  • Sewa Hotel, Villa, Homestay. Rencana bermalam sangat disarankan ketika menuju bromo karena rata rata wisata ke bromo dimulai menjelangsubuh untuk mengejar waktu sunrise. Jangan khawatir di bromo banyak tersedia hunian nyaman untuk tempat istirahat anda dan harga sangat beragam dari Rp 150.000 – 5 jutaan permalam.
  • Biaya makan. Anggaran makan per orang tidak terlalu mahal di jawa timur.Cukup sediana budget makan Rp 15.000 –  Rp 50.000 per orang untuk sekali makan.
  • Sewa Kuda Dan Ojek Di Bromo (Optional). Tambahan akomodasi untuk wisata di bromo seperti sewa kuda dan ojek kadang sangat dibutuhkan para wisatawan yang tidak ingin jalan kaki.Harga sewa kuda Rp 100.000 – Rp 150.000 ,sedangkan ojek sekitar 1rp 10.000 – Rp 250.000 tergnatung jarak tempuh.

Jika pengaturan anggaran dan prosesnya terlalu ribet maka alternatif yang sangat mudah bisa beli jasa travel online Paket Wisata Bromo.

Jangat takut mahal karena Harga Paket Wisata Bromo Murah sudah termasuk dengan fasilitas akomodasi lengkap dan layanan sangat memuaskan.

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur adalah lokasi favorit sebagai acara liburan bersama keluarga, pasangan hingga group rombongan besar. Tidak salah jika beberapa orang berkata bahwa kurang lengkap rasanya jika pergi ke Jawa Timur belum mengunjungi tempat wisata gunung bromo.