Puncak B29 Bromo (Negeri Di Atas Awan)

B29 Bromo adalah nama puncak di sekitar gunung bromo yang memiliki ketinggian 2.900 mdpl. Puncak B29 yang biasa disebut sebagai negeri diatas awan ini berada di desa Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pesona keindahan yang ditampilkan dari puncak ini adalah menikmati sunrise bromo dari bukit paling ujung sebelah timur gunung bromo. Berminat datang ke lokasi B29 Bromo, lihat dulu rute dan jalur perjalanannya berikut ini.

Puncak B29 Bromo

Puncak B29 Bromo

Tempat wisata gunung bromo terkenal dengan indahnya sunrise yang memukau dan semua orang yang pernah datang pasti mengakuinya. Namun tahukah bahwa untuk melihat keindahan matahari terbit di bromo ini banyak sekali tempatnya bukan hanya dari puncak penanjakan bromo saja.

B29 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ketinggian gunung Bromo yang hanya 2.329 mdpl dan bukit penanjakan 2700 mdpl. Namun jika kesana dengan menggunakan kendaraan bermotor terasa sangat jauh jarak yang ditempuh dari penanjakan maupun gunung bromo.

Puncak B29 Argosari Bromo adalah salah satu lokasi terbaik untuk melihat sunrise di gunung bromo, akan tetapi akses menuju lokasinya berbeda dengan jalur dan rute ke bromo pada umumnya.

Untuk bisa sampai ke puncak B29 ini ada beberapa rute yang bisa diambil diantaranya lewat Lumajang, Malang dan Probolinggo. Camping di Bromo adalah cara terbaik untuk menikmati keindahan alam yang ada di puncak B29 Argosari Bromo.

Jalur Akses Dan Rute Ke B29

Jalur Puncak B29 Bromo

Via Lumajang. Dengan kendaraan bermotor atau mobil pribadi langsung menuju kabupaten Lumajang. Setelah itu dilanjutkan menuju arah desa senduro hingga sampai ke Desa Argosari. Jaraknya kurang lebih 40 km yang bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan berkendara.

Sesampainya di Desa Argosari dilanjutkan menggunakan motor atau naik ojek menuju Puncak B29 dengan tarif 75rb-150rb. Jalan yang dilalui cukup extrim dengan tebing yang curam dan licin jadi lebih disarankan untuk memakai jasa ojek motor dari warga setempat yang sudah terbiasa melewati jalur itu.

Via Probolinggo. Rute alternatif lainnya yaitu via Probolinggo dengan arah menuju gunung bromo. Dengan kendaraan pribadi hanya sampai batas akhir di desa cemara lawang kabupaten Probolinggo selanjutnya harus sewa jeep bromo untuk menuju desa argosari lumajang terkecuali jika membawa sepeda motor bisa langsung melanjutkan perjalanannya tanpa harus sewa kendaraan lain yang khusus dengan medan jalan berpasir di bromo.

Dari argosari kemudian naik ojek untuk bisa sampai ketempat tujuan. Jarak tempuh dari Bromo menuju B29 adalah sekitar 2 jam berkendara.

Via Malang. Rute terakhir yaitu via Malang yang cukup familiar oleh para pendaki ke semeru karena jalur yang dilewati hampir sama dengan Jalur Pendakian Semeru. Sebelum sampai Desa Ranu Pane, berhenti di Bukit Jemplang dan bisa langsung jalan kaki menuju ke Puncak B29.

Tiket Masuk B29 Bromo

Harga tiket masuk ke B29 Bromo hanya Rp 5.000,- per orang. Meskipun tempat wisata B29 berada di kawasan Taman Nasional Bromo semeru Tengger, kalian tidak perlu untuk booking tiket online seperti wisata ke gunung bromo, tour di ranu kumbolo hingga ke puncak gunung semeru.

Penginapan Di B29 Bromo

Pengunjung yang datang lebih menarik jika aktivitas wisata B29 dengan berkemah. Jika mencari penginapan bisa menggunakan homestay milik penduduk sekitarnya.