Puncak Pananjakan Bromo

Puncak Pananjakan Bromo. Melihat view sunrise bromo adalah aktivitas yang paling penting seluruh wisatawan yang berlibur ke bromo. Bukit tertinggi yang berada di kawasan bromo yang digunakan pengunjung sebagai lokasi view point sunrise atau melihat matahari terbit bromo biasa disebut dengan puncak penanjakan.

Puncak Pananjakan Bromo

Pananjakan di bromo ada 2 tempat yaitu pananjakan 1 dan pananjakan 2 seruni point yang memiliki perbedaan ketinggian dan jalur yang diakses untuk menuju lokasinya. Tapi yang masih memasuki bagian dari kawasan Taman Nasional adalah Puncak Pananjakan 1 sedangkan Pananjakan 2 Seruni sudah memasuki wilayah kabupaten Probolinggo.

Perbedaan Puncak Pananjakan 1 Dan 2

Memasuki musim liburan, padatnya kunjungan wisatawan bisa terlihat jelas pada saat menunggu munculnya matahari terbit. Seluruhnya akan berkumpul menjadi satu di puncak tertinggi di bromo. Pananjakan adalah bukit tertinggi di bromo yang menjadi tempat terbaik untuk view sunrise, tetapi tahukan kalian bahwa di bromo ada 2 bukit pananjakan ?

Meskipun kedua lokasi objek wisata di gunung bromo ini sama – sama sebagai tempat untuk melihat matahari terbit namun jalur akses menuju lokasi sangat berbeda begitu juga dengan ketinggiannya. Untuk lebih jelas deskripsi dari masing – masing tempat ini berikut ulasannya.

Puncak Pananjakan 1

Puncak Pananjakan 1

Titik pemandangan yang sangat menakjubkan di ketinggian 2.770 mdpl yang berada di sebelah barat daya dari gunung Bromo. Spot paling favorit bagi wisatawan demi mendapatkan panorama keindahan sunrise bromo yang mempesona.

Pananjakan 1 paling mudah diakses melalui pintu masuk Bromo dari wonokitri Pasuruan, meski begitu bukan berarti tidak bisa di lalui melalui pos pintu masuk dari jalan dan rute lewat Probolinggo maupun Malang. Karena terkenalnya sehingga bukit penanjakan di juluki sebagai The Famous of sunrise.

Puncak Pananjakan 2 Seruni

Pananjakan 2 Seruni Point Bromo

Penajakan 2 atau seruni point Bromo adalah spot alternatif melihat sunrise yang memiliki ketinggian 2.436 mdpl. Jalur akses menuju tempat ini paling dekat melalui rute dari kota Probolinggo kemudian menuju desa cemara lawang, lalu setiba di desa cemoro lawang belok kanan sebelum pos pintu masuk terakhir bromo yang berada disekitar hotel terdekat di bromo.

sudut pandang dari lokasi spot ini juga tidak banyak perbedaan, selain bisa melihat sunrise juga bisa melihat deretan gunung batok, gunung bromo yang dilatar belakangi gunung semeru.

Pemandangan Puncak Pananjakan Bromo

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di puncak pananjakan bromo selain melihat matahari terbit dan pemandangan deretan gunung mungkin tidak semua wisatawan tahu. Disini juga menjadi tempat favorit untuk kegiatan outdoor misalkan camping di bromo untuk melihat keindahan malam dengan jutaan bintang di langit bromo (milkyway) atau untuk kegiatan foto prewed di bromo yang akhir – akhir ini mulai populer.

Gunung bromo selalu menarik untuk di kunjungi jadi tidak heran jikalau banyak penawaran paket tour bromo dengan berbagai fariasi. Yang terbaru kali ini yang bisa dilakukan di bromo selain berkendaran dengan jeep bromo menuju 4 lokasinya muncul paket baru yang dinamakan Bromo Picnic yaitu makan pagi di alam terbuka padang savana bukit teletubbies bromo.

Alternatif lain jika di kedua tempat ini penuh bisa lihat matahari terbit dari bukit cinta (love hill), bukit kingkong (bukit kadaluh), puncak mentigen, puncak B29 dan 30.