Lautan Pasir Bromo

Lautan Pasir Bromo adalah salah satu spot wisata yang berada di kawasan gunung bromo, Jawa Timur. Area ini berupa hamparan pasir yang luas ± 6290 ha yang membentang di seluruh area kaki gunung Bromo yang berbatasan dengan dinding kaldera dan bukit-bukit disekelilingnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika berada dilokasi ini adalah menunggang kuda, berkendara mobil Jeep atau hanya sekedar jalan-jalan disekelilingnya sambil menikmati pemandangan gunung Bromo.

Lautan Pasir Bromo

Lautan Pasir Bromo

Lautan pasir hitam seluas mata memandang menjadi salah satu keistimewaan gunung berapi Bromo. Tempat ini adalah salah satu destinasi menarik dan juga populer bagi pengunjung selain melihat sunrise dari puncak Penanjakan Bromo.

Lautan pasir merupakan akses menuju kawah gunung bromo. Semua kendaraan bermotor hanya bisa sampai batas akhir di kaki gunung Bromo yang berjarak ± 1,5 km dari puncak bromo dan kemudian berlanjut berjalan kaki atau naik kuda.

Tiket Masuk

Tidak ada tarif khusus untuk berkunjung kesini, tiket masuk Bromo sudah termasuk ke semua destinasi wisata yang ada di gunung bromo. Lautan pasir Bromo adalah salah satu spot utama di wilayah Bromo meskipun ketika registrasi online pengunjung harus pilih salah satu destinasi.

Sejarah Terbentuknya Lautan Pasir bromo

Adanya pasir yang membentang luas di bromo bermula dari menumpuknya abu vulkanik dari letusan gunung berapi diarea itu. Dahulu kala sebelum terbentuknya lautan pasir, ada dua gunung yang saling berdekatan dan terjadilah letusan yang membentuk lembah besar atau kaldera.

Karena tingginya kaldera, maka bekas material vulkanik dari letusan gunung itu menumpuk didalamnya sehingga saat ini menjadi hamparan pasir. Warga setempat menyebut tempat ini dengan Segara Wedi.

Hamparan pasir dengan ketinggian 2000 mdpl mengelilingi 5 gunung sekaligus disekitarnya diantaranya Bromo, Batok, Kursi, Widodaren dan Gunung Watangan.

Tips Berkunjung

Ini adalah keajaiban alam yang ada di lokasi gunung bromo. Pesonanya yang indah harus dijaga agar tetap lestari. Berikut beberapa tips bagi pengunjung :

  • Gunakan pakaian yang hangat dan nyaman, karena di pagi hari udara di Bromo sangat dingin.
  • Gunakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Bawalah masker untuk melindungi diri dari debu pasir.
  • Bawalah air minum yang cukup.
  • Jagalah kebersihan dengan membuang sampah ditempatnya.

Banyak cara menuju destinasi wisata yang ada di Bromo, namun yang lebih praktis adalah menggunakan jasa travel dari tripwisatabromo.com karena semua fasilitas akomodasi Anda selama dibromo sudah disediakan.